Senin, 11 November 2013

E-COMMERCE



PENDAHULUAN

Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik

Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok perangkat keras dan perangkat lunak. Jasa informasi memainkan peranan yang berubah dan menentukan dalam hubungannya dengan lingkungan. Dan Pelayanan pelanggan melalui teknologi informasi menjadi semakin penting.

TEORI DAN ANALISIS

Perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan computer untuk memudahkan semua operasi perusahaan. Keuangan berhubungan dengan pemegang saham dan pemilik serta pelanggan perusahaan. Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok perangkat keras dan perangkat lunak. Manufaktur berhubungan dengan pemasok perusahaan dan serikat buruh. Pemasaran terutama bertanggung jawab untuk berhubungan dengan pelanggan dan pesaing perusahaan. Semua area itu berhubungan dengan pemerintah. Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan internet.

Adapun beberapa Manfaat Perdagangan Melalui Jaringan Elektonik :
·         Pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan
·         Hubungan antara pembeli dan pemasok tercipta dengan baik
·         Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
·         Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk         mencapai perbaikan di seluruh organisasi.
·         Manfaat berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya untuk bersaing lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi computer.

Adapun Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elekronik :
·         Biaya yang dikeluarkan sangat tinggi
·         Masalah keamanan kurang terjamin
·         Banyak perangkat lunak yang kurang memadai atau bahkan tidak tersedia
·         Perusahaan – perusahaan yang telah memiliki system terutama menggunakannya untuk transaksi antara pengguna dengan pemasok
·         Serta proses-proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian,   transfer, serta faktur.

Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik dapat dilakukan dengan :
a.        IOS (Interorganizational system), disebut sistem informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.  Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.

Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat IOS :
·         Efisiensi komparatif : internal dan antar organisasi
·         Kekuatan tawar menawawar : kekuatan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dng pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya.
Kekuatan ini berasal dari 3 hal :
  • Keistimewaan produk yang unik
  • Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian
  • Peningkatan biaya peralihan.
b.        Pertukaran data elektronik (Electronik data interchange – EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan.

Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya serta pelanggan. Dalam EDI memungkinkan terjadinya transfer dana secara eleltronik (electronik funds transfer) sehingga memudahkan dalam proses transaksi.

Tingkat penerapan EDI.
Tiga tingkat penggunaan EDI :
  • Pemakai tingkat satu : hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
  • Pemakai tingkat dua : banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang.
  • Pemakai tingkat tiga : aplikasi komputer disesuaikan dengan standart EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokument kertas menjadi dokumen elektronik. Tingkat penggunaan ini digambarkan sebagai pendekatan pintu ke pintu, karena hanya mempengaruhi komunikasi data dan bukan aplikasi.
Manfaat EDI :
·         Mengurangi kesalahan
·         Mengurangi biaya
·         Meningkatkan efisiensi opersional
·         Meningkatkan kemampuan bersaing
·         Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
·         Meningkatkan pelayanan pelanggan.

Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi :
1)      Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi
2)      Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3)      Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

Referensi :
http://nanienuneno.blogspot.com/2010/01/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar